Definisi Sains

Sains adalah ilmu pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik. 

Sains ada di mana-mana, manusia, tumbuhan, hewan, udara, cahaya, listrik, makanan, matahari, benda-benda luar angkasa, sampai kejadian alam seperti gunung meletus bahkan gempa bumi merupakan bagian dari sains.

Jadi kesimpulannya sains berada dalam diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita.

Sumber:Pixnio.com

Proses belajar sains adalah proses mencari tahu mengenai benda-benda, makhluk hidup, dan berbagai fenomena atau kejadian alam untuk membangun pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, proses penemuan, serta membangun sifat ilmiah.

Para ilmuwan melakukan penelitian dan percobaan tentang berbagai hal, percobaan dapat dilakukan di dalam laboratorium maupun di luar laboratorium.

Sumber: wikipedia.com

Presiden ketiga Republik Indonesia B.J. Habibie merupakan salah satu ilmuwan di bidang kedirgantaraan (penerbangan). Tiga penemuan penting B.J. Habibie yang diakui dunia yaitu:

  • Habibie Factor (Habibie Theory)
  • Habibie Theorem
  • Habibie Method

Definisi sains menurut Academy of Sciences:

Sains adalah proses/cara yang didasarkan atas bukti-bukti empiris pada kegiatan yang dilakukan para ilmuwan/peneliti untuk mengetahui dunia dengan cara observasi dan eksperimen melalui sebuah penelitian.


Definisi sains menurut Koballa dan Chiappetta:

Sains adalah cara berpikir, cara investigasi, sebagai tubuh ilmu pengetahuan, dan sebagai bentuk interaksi keterkaitan antara teknologi dan masyarakat.

Penjelasan:

Sains sebagai cara berpikir (a way of thinking)

Meliputi keyakinan, rasa ingin tahu, imajinasi, pemikiran, hubungan sebab akibat, introspeksi diri (self examination), keragu-raguan, objektif, dan berpikir terbuka.

Sains sebagai cara berinvestigasi (a way of investigating)

Mempelajari bagaimana para ilmuwan bekerja melakukan penemuan. Jadi sains menggambarkan pendekatan yang digunakan untuk menyusun pengetahuan, seperti mengembangkan keterampilan proses ilmiah, menggunakan metode ilmiah, dan memperhatikan proses inkuiri.

Sains sebagai tubuh ilmu (a body of knowledge)

Sains terus bergerak mengikuti perkembangan zaman dan akan mendorong perkembangan ilmu-ilmu yang lain.

Sains sebagai bentuk interaksi keterkaitan antara teknologi dan masyarakat (sains and its interaction with technology and society)

Sains teknologi dan masyarakat merupakan unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Banyak penemuan tentang sains yang dipengaruhi interaksi dengan teknologi dan masyarakat sosial.



Post a Comment

0 Comments