Kebun Binatang Bandung


Hai-hai.... berangkat dari perdebatan Emi dan Anak bayi-nya yang bilang gambar harimau itu adalah gambar "emem" a.k.a kucing. Nah untuk menunjukan hewan yang serupa tapi tak sama itu, kami pun mengatur waktu untuk mengunjungi Kebun Binatang Bandung (KBB).


Sedikit "shocking soda" saat melihat harga tiket masuk (HTM) Kebun Binatang Bandung sekarang ternyata hampir 2 kali lipat dari saat terakhir kami kesini, tapi masa mau balik lagih hahaha. Terlepas dari kontroversi yang pernah hinggap, tempat ini masih jadi tempat terdekat yang baik untuk belajar mengenal hewan lebih dekat. HTM nya berapa? Itu ada di foto Rp. 40.000,- belaku untuk usia 3 tahun ke atas.


Lalu dapat apa? Kami dapat tiket yang berupa gelang seperti klo anak-anak main di playground mandi bola. Pada gelang itu terdapat code yang akan di scan saat melewati pintu masuk.  Kemajuan yang signifikan di bidang IT untuk KBB. Di gelang tiket itu juga ada keterangan tiket terusan sudah termasuk naik perahu dan masuk ke area permainan anak.

Dengan sistem tiket yang sudah canggih saya sempet bertanya-tanya mungkinkah ada surprise juga di dalamnya? Dan ternyataaa... hehehe... tidak terlalu signifikan sih walau ada beberapa perbaikan dan renovasi. Saya memakluminya karena merawat segitu banyak hewan dan sebegitu luas nya lahan tidaklah mudah. Sebagai orang awam sih rasanya oke-oke saja, enjoyable.


Selepas pintu masuk yang paling dekat untuk kami lihat ada kandang orang utan. Berikut beberapa hewan yang sempat kami foto.


Ada kuda zebra dan tapir. Tapir ternyata termasuk hewan langka loh.


Ada beruang-beruang madu yang asik main uyel-uyelan sama temennya.


Disebelahnya ada juga hewan yang rani ga tau apa ini namanya, setelah lihat di keterangan nya nama nya juga susah dibacanya. Ada yang tau ini apa?


 Sampai juga kita di kandang harimau. Emi pun bermaksud menjelaskan, ini loh Hasna yang disebut harimau. Anak bayi nyengir sambil tetep celoteh "emem-emem". xixixi


Lalu masuk ke area singa dengan pembatas semacam kaca fiber gitu. Nah Hasna klo singa mirip sama harimau tapi tanpa belang, dan singa jantan rambutnya gondrong.


Kandang buaya juga pakai kaca fiber, sayangnya udah ga bening lagi jadi susah ambil gambarnya. Tambah pas foto kehalangin Om Anshar wkwkwk.


Klo kamu beruntung dateng ke KBB pas pawang nya lagi ngadain foto bareng beberapa hewan, kamu bisa bercengkrama dengan hewan seperti Alfian ini loh bareng burung kakak tua. Waktu itu cuman burung aja, sebelumnya Alfian pernah foto bareng ular dan orang utan juga.


Gajah adalah tujuan akhir sebelum kami menuju pintu keluar. Gajah yang besar ini tampaknya masih anak-anak.


Di perjalanan menuju pintu keluar juga rani nemuin kadang burung yang menjawab pertanyaan rani selama ini. Apa bedanya burung elang dan burung garuda? Lalu burung garuda itu seperti apa bentuk aslinya? Tenyata garuda adalah salah satu jenis elang dan penampakannya seperti foto di bawah ini. "Kasep" dan gagah yah.


Oiya hampir ketinggalan. Kami juga sempat beristirahat sejenak di area permainan anak sambil menikmati bekal makan siang, kebetulan kami bawa bekal makan siang. Area permainan ini masih bisa dimainkan dengan asik oleh anak-anak meski beberapa tampak tidak terawat. Ada korsel tapi ga ada mesinnya, jadi bapak-bapak nya dengan sekuat tenaga muterin korsel yang pengen dinaikin bocah-bocah.

Area bermain ini dekat dengan masjid. Dan kalau tidak bawa bekal ada kantin yang dekat area panggung pertunjukan hewan yang tidak begitu jauh juga dari area bermain ini. Ada gerai ayam CFC juga loh.


Kali ini kita perginya rame-rame loh. Dan memang kebersamaan keluarga merupakan hal membahagiakan yang tak terbeli oleh materi.





Post a Comment

1 Comments

  1. insyaallah entr mo ajak anak anak maen kesini ,,,makasih artikelnya sangat membantu oven gas




    ReplyDelete