3 Jenis Pengelompokan Planet

Pengelompokan planet berdasarkan lintasan asteroid sebagai pembatasnya

1. Inner planets atau Planet Dalam 
Kelompok planet dalam (inner planet) adalah planet yang orbitnya ada di bagian dalam lintasan asteroid. Yaitu dari matahari ke lintasan asteroid. Yang termasuk planet dalam ialah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

2. Outer planets atau Planet Luar 
Kelompok planet luar (outer planets) merupakan planet yang posisinya berada di bagian luar lintasan asteroid. Jaraknya tergolong jauh dari matahari dan ukurannya lebih besar dibanding planet dalam sehingga disebut sebagai Gas Raksasa atau Gas Giant. Yang termasuk planet luar ialah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

sumber: borneo24.com


Pengelompokan planet berdasarkan bumi sebagai pembatasnya

1. Planet inferior 

Planet inferior adalah planet yang posisi orbitnya berada di dalam orbit bumi. Posisinya terletak di antara matahari dan bumi. Yang termasuk planet inferior yaitu Merkurius dan Venus.

2. Planet superior 

Planet superior merupakan planet yang posisi orbitnya berada di luar bumi. Posisinya terletak di luar bumi dan jaraknya tergolong jauh dari matahari. Yang termasuk planet superior yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.



Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisi penyusunnya

1. Planet Terrestrial atau Planet Kebumian 

Planet terrestrial adalah planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya kurang lebih sama seperti bumi. Karenanya disebut juga planet kebumian.

Komposisi penyusunnya sebagian besar berasal dari bebatuan, dan ukurannya hampir sama dengan bumi. Yang termasuk planet terrestrial yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.  


2. Planet jovian atau Planet Raksasa 

Planet jovian adalah planet-planet raksasa karena ukurannya lebih besar dibanding bumi dan komposisi penyusunnya kurang lebih menyerupai  Jupiter yaitu sebagian besar berasal dari es dan gas hidrogen. Yang termasuk planet jovian yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.


Sumber: pixabay


Post a Comment

0 Comments