Try Out Kelulusan Kelas 6 SD Mata Pelajaran IPS | Paket 2

Soal ini juga bisa dikerjakan melalui google form : [link form soal]


Sumber: piqsels.com

Contoh soal pilihan ganda, jawaban yang benar diberi warna merah.

1.       Makanan khas pada gambar di bawah ini berasal dari daerah…..

A. Aceh

B. Sumatra Barat

C. Sumatra Selatan

D. Sumatra Utara

 

2.       Keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia harus membuat kita bangga. Hal yang perlu dihindari untuk menyikapi keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia adalah…..

A. melihat pameran pakaian adat yang diselenggarakan pemerintah

B. menyuruh semua orang memakai pakaian adat dari daerah kita

C. memuji keindahan pakaian adat dari daerah lain

D. membeli pakaian adat dari daerah lain

 

3.       Nama rumah adat pada gambar di bawah ini adalah ……

A. Joglo

B. Gadang

C. Honai

D. Kebaya

 

4.       Pada table berikut, rumah adat yang berasal dari Pulau Jawa adalah…..


A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

 

5.       Alat musik pada gambar di bawah bernama ….

A. gamelan

B. angklung

C. sasando

D. kolintang

 

6.       Tempat ibadah pada gambar di bawah ini adalah tempat ibadah umat beragama ….

A.    Islam

B.    Hindu

C.    Budha

D.    Konghucu

 

7.       Penduduk pantai telah sejak lama menanam tanaman bakau, bahkan mereka telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah daerah. Manfaat penanaman tanaman bakau di pinggir pantai yaitu …..

A. mencegah abrasi

B. penghijauan hutan

C. mencegah kebakaran hutan

D. menambah sumber pendapatan

 

8.       Daerah tempat tinggal Tono sangat sejuk karena terletak 600 meter di atas permukaan laut. Pekerjaan yang cocok untuk penduduk di sekitar daerah Tono berdasarkan kondisi geografisnya yaitu…..

A. nelayan

B. bertani sayur-sayuran

C. jasa konsultasi hukum

D. pembuat barang kerajinan kerang

 

9.        Pak Arman bertempat tinggal di sekitar pantai. Ia melihat para nelayan sulit memasarkan hasil tangkapannya karena tempat penjualan ikan dibuka terbatas selama masa pandemic COVID-19. Menghadapi situasi seperti tersebut, Pa Arman dapat membantu nelayan dengan …..

A. menjual ikan segar secara online/daring

B. membuka tempat penampungan ikan yang baru

C. mendatangi konsumen ke rumah-rumah untuk menawarkan ikan segar

D. membeli ikan semurah-murahnya dari nelayan dan menjual lagi dengan harga tinggi

 

10.    Candi pada gambar di bawah ini adalah ….

A. Ijo

B. Kalasan

C. Mendut

D. Borobudur

 

11.   Pada tabel di bawah ini, kerajaan-kerajaan bercorak Hindu ditunjukan oleh nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (1) dan (3)

D. (2) dan (4)

 

12.   Raja-raja yang berasal dari kerajaan bercorak Islam ditunjukan oleh nomor….

A. (1) , (2), dan (3)

B. (1) , (3), dan (4)

C. (2) , (3), dan (5)

D. (3), (4), dan (5)

 

13.   Jenis pekerjaan pada gambar di bawah ini adalah….


A. petani

B. pengrajin

C. peternak

D. pedagang

 

14.   Letak geografis Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra yaitu….

A. Benua Asia dan Benua Afrika. Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

B. Benua Asia dan Benua Australia. Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

C. Benua Australia dan Benua Amerika. Samudra Hindia dan Samudra Atlantik.

D. Benua Amerika dan Benua Eropa. Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.

 

15.   Makhluk hidup, terutama manusia, membutuhkan oksigen untuk bernafas. Oksigen dihasilkan oleh tumbuhan. Oleh karena itu pemerintah kota membuat dan melestarikan hutan-hutan kota agar asupan oksigen tetap terjaga. Hal tersebut berarti …..

A. alam mendapatkan kebutuhan hidupnya dari manusia karena manusia merawat alam

B. manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam sehingga harus menjaganya

C. manusia harus menghabiskan semua sumber daya yang ada

D. alam yang paling membutuhkan manusia

 

16.   Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penjajahan oleh bangsa portugis dan spanyol pada table di bawah ini adalah nomor….

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (3) dan (4)

 

17.   Gambar Jenderal Sudirman adalah…..

A. 


B. 


C. 


D. 


 

18.   Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 sangat bermakna bagi perjalanan bangsa Indonesia. Dengan proklamasi, bangsa Indonesia dengan lantang menyerukan kebebasan dari penjajahan. Namun, makna proklamasi tidak berhenti sampai disitu saja. Sebagai bangsa, setiap rakyat Indonesia harus…..

A. membentuk tentara yang kuat

B. membuat anak cucu hidup lebih sejahtera

C. menjaga dan mempertahankan kemerdekaan

D. memulai lagi untuk berperang dengan penjajah lainnya

 

19.   Tokoh kemerdekaan pada gambar di bawah ini berperan sebagai …..

A. perancang teks proklamasi

B. pengetik teks proklamasi

C. pengibar bendera Sang Saka Merah Putih

D. penjahit bendera Sang Saka Merah Putih

 

20.   Perundingan secara diplomasi banyak dilakukan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Berikut ini yang bukan upaya diplomasi setelah kemerdekaan adalah ……

A. Perjanjian Renville

B. Perjanjian Bongaya

C. Perjanjian Linggarjati

D. Konfrensi Meja Bundar

 


Post a Comment

0 Comments