Cara Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Bank vs Online

Rani nulis artikel ini dengan motivasi supaya readers yang mau mencairkan dana JHT BPJS ketenagakerjaan tidak tergalaukan seperti diriku 😎


FYI untuk SOP resmi bisa cari tahu ke lembaga yang bersangkutan ya, informasi yang pengen Rani sampaikan adalah bagaimana keadaan di lapangan berdasarkan pengalaman pribadi langsung. Supaya temen-temen bisa mempersiapkan fisik dan mental menghadapi kerasnya di lapangan nanti wkwkwkwk (lebaaay...) 😁😁😁😁😁😁

Jadi awalnya aku cobain daftar antrian via online, tapi karena kesiangan gagal terus karena sudah penuh. Pas gagal itu kan ada pesan di arahkan ke bank-bank tertentu, diantaranya BTN, Mandiri, dan BJB. Nah karena aku punya rekening BTN, aku coba buat cairin di sana.

Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan di BTN

Karena biasanya mengurus tabungan Batara di cabang Jl. Abdurahman Saleh aku coba telepon dulu kesana buat nanyain apa disana bisa mengurus pencairan dana JHT. Ternyata tidak bisa 😭, dan (untuk Bandung) hanya bisa di 3 kantor BTN cabang Jl. Jawa, Jl. Buah Batu, dan Jl. Surapati.

Kemudian Rani teleponlah ke BTN Jl. Jawa. Pertama (mungkin) ke operator, saat tahu klo aku mau minta informasi tentang BPJS JHT dihubungkan ke bagian yang lebih spesifik.

Sebenernya yang pengen Rani tahu tuh, klo disana ngantri nya gimana? Penuh apa ngga? Waktu tunggu nya berapa lama? Saat giliran kita, waktu pelayanan nya kira-kira berapa lama?
Jadi intinya spent time kita disana kira2 berapa lama. Tapi mungkin Rani ga berbakat jadi interviewer I didn't get it.

Setidaknya informasi yang Rani dapet adalah, untuk BTN Jl. Jawa setiap hari nerima antrian 40 orang dan kuota pencairan dana per hari hanya 15 peserta. Bank buka jam 8 sampai jam 10 untuk layanan BPJS JHT.

Coba Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan di BTN Jl. Buah Batu Bandung


Karena satu dua tiga hal, Ibenk saranin buat coba ke cabang yang ada di Buah Batu aja. Berangkatlah kita kesana dan sampai sebelum jam 8 pagi. Bank belum buka jadi menunggulah kita. Dan baru buka jam 8 lebih dikit, kita langsung tanya satpam.

R: "Pa, Saya mau ngurus JHT BPJS ke mana ya?"
S: "Wah bu, sampai tanggal "sekian" (kira2 seminggu dari kedatangan kita) kita ga nerima lagi pendaftaran antrian karena penuh. Dan kuota disini hanya sedikit 5 orang per hari."

Kira2 begitu percakapan kita walo ga spesifik 100%. Jadi klo Rani keukeuh pengen cairin di cabang ini harus dateng lagi minggu depan untuk dijadwalkan antrian minggu depan nya lagi. Di jadwalkan antrian loh yah bukan pencairan. Pencairan nya + maksimal 2 minggu lagi dari situ, itu pun klo memenuhi syarat.

Trus Mba CS nya menyarankan coba ke Cabang Jl. Jawa aja, karena kuota nya lebih banyak apalagi sudah ada rekening BTN bisa jadi prioritas lebih cepat. Yah, nanggung syalala... berangkat lah kita kesana.

Coba Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan di BTN Jl. Jawa Bandung

Sampe di Jl. Jawa kita tanya satpam dan di arahkan untuk langsung ke lantai 2, naik tangga trus luruuus ampe mentok ada ruangan lagi. Ada nomor antrian manual disana. Rani dapet nomor 14, iya lah secara orang2 mungkin udah pada disini sebelum jam 8.

Lucky me ada ibu2 yang ga jadi antri, dia kasih ke aku nomor antrian 12. Lumayan....


Ruangan full AC (kedinginan aku). Customer service nya ada 2 orang tapi 1 komputer lagi bermasalah dan lagi dibenerin bapak2 IT kayaknya. Jadi yang aktif melayani hanya 1. Aku nanya ke mbak2 yang ngantri juga di sebelah.

R: "Mba, udah sampai antrian berapa?" (yg dilayani)
M: "2"
R: (wow masih jauh). "Mba nomor berapa?"
M: "6"
R : "Wah, emang mba dateng jam berapa?"
M: "Setengah 8 an, tapi tetep aja baru buka jam 8"

Cukup menggambarkan apa yang terjadi kalau kita dateng ke sini sebelum jam 8. Jujur, aku sempet galaw balik aja apa terusin. Kalau "gagal" gimana? Tapi Bismillah, apapun yang terjadi kita ambil positifnya dan I promised myself. Pengalaman ini bakal Rani jadiin artikel yang semoga bisa sedikit memberikan informasi buat temen-temen yang mau mencairkan JHT.

Karena antrian yang lumayan belakang Rani jadi bisa kepo2 ke antrian sebelum Rani. Beberapa masalah yang ternyata bisa menghambat proses diantaranya:

  • Persyaratan tidak lengkap
  • Alamat kartu keluarga tidak sama dengan KTP
  • Nama di kartu identitas tidak sama, walaupun 1 huruf (typo OMG)
  • Kartu BPJS Tenaga Kerja (Jamsostek) hilang
  • Sudah aktif kembali BPJS TK di perusahaan lain --> klo ini udah pasti ga bisa cair
  • (yang ini lucu) Kartu BPJS TK masih versi lama alias Jamsostek

Sampai sini aku jadi ngerti kenapa mereka buka antrian 40 walau kuota per hari hanya 15 orang. Karena ga semua lolos verifikasi dokumen untuk dijadwalkan antrian. Tapi klo yang lolos lebih dari 15 orang ya tetep bottle neck heuheu....

Untuk masalah kartu BPJS TK sebenarnya kita bisa print langsung online di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ atau pakai aplikasi BPJSTKU via Smart Phone.
Cuman yang ditolak karena kartu mash versi jamsostek, ini sih pengalaman temen aku ya. CS nya bilang "ini mah buat kesehatan" haha.... aku ga paham antara temen aku yang salah ngasih kartu atau mungkin CS nya gagal fokus. Karena kasus lain lolos2 aja pakai kartu versi lama.

Amannya, klo punya kartu versi lama tetep print juga yang terbaru dari online atau aplikasi.

Antrian udah sampai nomor 10, hepi donk ternyata dateng seorang bapa2 langsung ke meja CS. Trus CS nya respon "oh ya, habis ini ya pa!"
Ada apa ini? pikirku hehe... Ternyata si bapak itu pemegang antrian nomor 1 yang entah apa yang terjadi padanya hingga akhir nya dia "nyele" setelah nomor 10. (berarti pas aku dateng tadi no 2 pelanggan pertama donk yah).

Hingga tiba giliranku, semua syarat komplit dan ini mempercepat proses (FYI, kartuku masih jamsostek loh ya). Surprise 😲, aku dapat jadwal bulan depan donk hampir 1 bulan setelahnya. Dan itu jadwal antrian loh yah bukan pencairan. Ya Allah ini sih lebih lama daripada waktu di Buah Batu tadi. Pengen nangis tapi malu 😥.

Akhirnya aku memberanikan diri buat nanya:
R: "Mba, klo aku coba juga pakai antrian online ke bpjs nya langsung gimana?"
CS: "Bisa aja, tapi kayak nya bakal sama aja sih lamanya."
R: "Bukan itu maksud nya mba, apa klo saya udah daftar disini saya masih bisa coba ke bpjs nya langsung? Ga di block karena udah ada antrian gitu".
CS: "Mestinya bisa, ga masalah"

Dengan langkah lunglai aku menguatkan diri 😎. Setidaknya aku udah dapet antrian offline di BTN tapi aku juga mau coba lagi antrian online.

Tips dan Cara Daftar Antrian Online Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Usut punya usut, supaya kita dapat antrian secara online (dan tidak gagal), daftarlah sebelum jam 8 pagi. Insya Allah masih dapat antrian. Dalam 1 hari antrian hanya tersedia dengan kuota tertentu itu pun dijadwalkan 7 hari kerja berikutnya. (lumayan lebih cepat).

Untuk mendapatkan antrian online browse aja ke link berikut:
https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Klik di "Layanan Peserta" kemudian klik "MASUK" di bagian Tenaga Kerja.


Dia bakal muncul pop up pilihan "BPJSTKU" atau "Antrian Online". Kita bisa aja sih langsung ke antrian online. Tapi saran Rani lebih baik login dulu ke BPJSTKU dan masuk antrian online dari menu setelah login. Kenapa? Karena tanpa login, Rani dapat error ketika kirim email dan saat mau re-print.



Setelah login ada menu seperti di bawah ini, pilihlah "KLAIM SALDO JHT"


Pilih KPJ, Keperluan, dan Jenis Klaim, lalu klik kirim.



Barulah kita akan sampai ke halaman antrian. Halaman ini akan memvalidasi per input, jadi isi berurutan dari atas ke bawah supaya kontrol input enable alias bisa diisi.


Nanti temen-temen bakal dapet lembar antrian online yang harus di print dan jangan lupa dibawa saat nanti ke kantor BPJS nya. Syarat lain yang harus dibawa dan diperhatikan, bisa lihat screenshot di bawah ini.

Ternyata saldo di atas 50jt kena pajak 5% kawan. Jadi misal nya saldo Anda 53jt, dipotong pajak 5% dari 3jt. Dan ada baiknya temen-temen juga siapkan materai, dalam kondisi tertentu ada yang diminta menyiapkan materai juga.

Datang ke Kantor BPJS Tenaga Kerja sesuai Jadwal Antrian Online

Kali ini bener2 keburu2 karena Rani agak telat, jadi ga sempet ambil foto lokasi dll. Rani ambil dari google map aja yah 😃


Jadi temen-temen emang sebaiknya datang setengah jam sebelum jadwal, karena disana tetep ada nomor antrian lagi. Dari jadwal jam 3 sore Rani dateng jam 02:37 sore, kelebihan 7 menit tapi berasa grasak grusuk hahaha...

Begitu dateng temen-temen kasihin aja berkas-berkas persyaratan (fotokopiannya) ke pak satpam yang nongkrong dekat pintu masuk. Yang asli nya dipegang sendiri dulu aja, nanti pak satpam kasih formulir untuk diisi. Walaupun disana disediakan pulpen, sebaiknya temen-temen bawa pulpen sendiri aja supaya lebih lancar dan cepat.

map image of Hendra Irawan

Setelah mengisi formulir, kita menunggu dipanggil masuk menuju meja CS yang dekat pintu. Dokumen kita berserta aslinya dibantu CS untuk dikumpulkan dalam 1 map bening yang disediakan oleh mereka. Kita pun mendapat nomor antrian untuk ke CS bagian klaim.

Antrian sebenernya ga banyak dan CS pun lumayan banyak ada 4. Pelayanan pun cukup singkat, padat, dan jelas jika kelengkapan dokumen terpenuhi dan tidak ada masalah. Nah Rani kan kepo jadi duduk di depan buat ngepoin orang haha.

Jadi beberapa masalah yang terjadi seperti:

  • Mencairkan dana setelah bekerja beberapa tempat kerja. CS nya akan menanyakan juga vaklaring dari perusahaan sebelumnya.
  • Tanggal vaklaring tidak sama dengan pembayaran premi BPJSTK terakhir.
  • Dalam beberapa kasus CS perlu verifikasi data langsung ke perusahaan via email atau telepon.
  • Ada 1 orang bapak yang data nya mengalami perubahan dan memerlukain email verifikasi dari perusahaan. Sayangnya si perusahaan ngirim emailnya ke CS cabang BPJSTK yang berbeda, jadi CS disitu ga nerima email.

Klo Rani, Alhamdulillah lancar jaya. Dana pun cair 2 hari setelahnya cepet bingits kan?
Overall, Rani cukup puas dengan pelayanan di sana. Antrian online benar-benar membantu jadi kita ga perlu seharian nongkrong di kantor BPJS. Pegawai disana pun ramah dan profesional. Mulai saat kedatangan saja pak satpam welcoming nya berasa di bank-bank gitu. 2 jempol deh buat mereka.



Post a Comment

0 Comments